Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mengontrol Makanan Saat Lebara Tiba

6 Tips Mengontrol Makanan Saat Lebara Tiba

Sebulan berpuasa membuat banyak orang yang melampiaskannya di hari lebaran. Tak tanggung tanggung biasanya orang menyantap hidangan yang disajikan oleh tuan rumah sebegitu gila banyaknya. Dan kita harus pintar pintar mengatur itu semua agar tidak “rakus” karena kuliner khas lebaran terkenal akan makanan yang enak enak.



Lebaran merupakan hal yang sangat istimewa bagi warga masyarakat indonesia. Moment ini banyak digunakan untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi banyak saudara dan tetangga. Di moment ini selalu terdapat sajian yang direncanakan untuk dihidangkan kepada para tamu atau saudara yang datang. Menu makanan ini biasanya terdiri dari santan, manis, berminyak, dan pedas yang jika kita tidak dapat mengontrol semua asupan yang kita makan akan membuat kita menumpuk banyak penyakit seperti diabetes, kolesterol, asam urat dan banyak penyakit lain yang berbahaya.

Oleh karena itu saya akan membagikan tips agar diwaktu lebaran nanti kita akan selalu sehat dan terhindar dari banyak penyakit. Ini dia tips agar lebaran anda menjadi lebih bijak dalam menikmati hidangan lebaran tanpa kawatir berumur pendek karena sehat itu mahaall sekali, saya yakin itu.

1 Kurangi santan dan coba ganti dengan susu tanpa lemak


Santan adalah salah satu bahan utama dalam resep khas lebaran yang membuat gurih dan rasa yang khas. Tetapi ingat, santan merupakan sumber penyakit yang sebenarnya tidak banyak orang tahu bagaimana untuk mensiasatinya. Jika anda bertindak sebagai pembuat masakan bersantan, anda dapat menggunakan susu tanpa lemak. Karena dengan ini anda dapat membuat masakan dengan rasa yang kurang lebih sama dan menambah pahala karena membantu orang agar terhindar dari banyak nya bibit penyakit baru yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, jika anda sedang bertindak sebagai pengkonsumsi makanan santan, anda juga sebisa mungkin menghindari makanan yang memiliki santan terlalu banyak, ini bisa dilakukan dengan cara menyingkirkan kuah santan dan mengambil ayamnya saja (dalam kasus ini opor ayam). Dengan anda melakukan ini anda tetap dapat menikmati menu makanan yang disajikan tetapi tetap terjaga dari banyaknya penyakit yang menghampiri anda.

2 Kurangi gajih dan lemak

Lemak sama jahatnya santan dan ini merupakan hal yang harus kita hindari dalam mengkonsumsi kuliner khas lebaran kali ini. Boleh saja kita menikmatinya sedikit asal jangan berlebihan karena tubuh kita pun butuh lemak. Tidak heran banyak sekali orang yang habis lebaran memiliki berat badan yang naik dan melonjaknya kolesterol secara drastis padahal sebulan sebelumnya telah berpuasa yang seharusnya membuat kita menjadi lebih bijak dalam menahan nafsu, terutama nafsu makan. Jadi berhati hatilah dalam mengambil makanan, dan yang paling penting atur porsi makananmu.

Lebih baik lagi apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi hidangan berlemak, cobalah setelah itu anda melakukan olahraga agar semua yang anda konsumsi digunakan menjadi energi, bukan menjadi penyakit. Tidak usah terlalu berat seperti lari 5 kilo, cukup olahraga sederhana seperti squat, push up, sit up dan gerakan gerakan mudah seperti itu sudah cukup.

3 Batasi asupan karbohidrat yang masuk dan pakailah gula rendah kalori


Gula rendah kalori memang tidak mengurangi berat badan, tetapi dengan menggunakan gula rendah kalori dalam masakan anda akan mencegah pemasukan kalori yang berlebihan. Karena indonesia adalah negara ke empat dalam peringkat pengidap diabetes terbesar di dunia. Keadaan ini disebabkan banyaknya penggunaan karbohidrat yang berlebihan, bahkan nasi putih menjadi makanan utama di negara tercinta ini.

Diabetes atau penyakit gula merupakan kemampuan tubuh dimana pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup sehingga kelebihan gula itu tidak dapat digunakan dengan baik dan menjadi sampah yang tidak dapat keluar dan pada akhirnya menjadi racun. Padahal seharusnya gula ini dijadikan energi dan membantu tubuh dalam beraktivitas. Ini banyak terjadi pada orang yang malas untuk berolahraga.

Selain itu jika anda ingin menyantap kuliner khas lebaran ini, ada baiknya anda membatasi gula yang masuk atau minimal tidak berlebihan dalam mengkonsumsi karbohidrat. Contoh nya dengan memotong jumlah porsinya kemudian membaginya di beberapa kali makan, yang biasanya satu porsi 2 kilo, menjadi 1 kilo dalam dua kali makan.

Dalam menggunakan gula rendah kalori sewaktu memasak, anda tidak harus menggunakan gula diet yang mahal, tetapi anda dapat menggunakan gula merah, gula batu atau sumber manis yang lainnya seperti kayu manis dan madu.

4 Hindari menggoreng makanan dengan tehnik deep frying


Gorengan memang makanan yang sangat menggoda dan gurih. Saya pun termasuk penyuka jenis makanan yang digoreng, dan gorengan semakin nikmat ditambah sambel kecap pedas atau cabe rawit yang masih fresh. Tidak salah mengkonsumsi makanan yang digoreng asal tahu batasannya.
Dalam menyiapkan masakan khas lebaran ada baiknya menghindari menggoreng dengan cara mencelup semua bahan makanan kedalam minyak dan dalam menyajikan makanan tersebut pastikan makanan tersebut benar benar kering dari minyak. Anda pun dapat menggunakan tissue makan untuk menyerap kelebihan minyak yang menempel dalam makanan tersebut.

Ada beberapa minyak yang mengandung kolesterol baik seperti minyak zaitun, tetapi karena harga nya yang lumayan, membuat banyak orang indonesia tidak mampu untuk membelinya. Anda dapat menggantikan dengan minyak jagung atau minyak yang lebih baik selain dari minyak sawit. Sesekali ini karena moment lebaran.

Jika anda berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang berminyak, itu akan menambah kolesterol jahat anda. Oleh karena itu batasi makanan berminyak dan jangan lupa banyak mengkonsumsi air putih lebih banyak. Dengan mengkonsumsi air putih dapat mengurangi efek kolesterol jahat ini. Minimal anda tidak membuat tenggorokan serak atau sakit yang nantinya mengganggu momen lebaran anda karena makanan gorengan ini.

5 Jangan lupa buah dan sayur

Banyak kebiasaan yang dari dulu sebenarnya keliru. Mengkonsumsi buah sebelum makan jamak kita lakukan dari dulu yang memang sering diajarkan oleh orang tua kita dari dulu. Padahal buah merupakan makanan yang paling cepat busuk. Coba saja apel yang telah digigit dibiarkan 5 menit. Maka warna apel tersebut akan berubah menjadi kekuning kuning an.

Artinya cobalah mengkonsumsi sayur dan buah terlebih dahulu sebelum karbohidrat masuk agar lambung mencerna makanan yang lebih mudah busuk terlebih dahulu. Dengan cara ini anda telah mencegah terjadinya sakit perut yang apabila dibiarkan terlalu sering menyebabkan penyakit akut. Jika anda ingin mengurangi efek buruk lemak dari gajih atau santan, cobalah konsumsi buah buahan yang sedikit asam seperti jeruk atau nanas.

6 Kurangi penyedap dan garam berlebihan


Makanan asin sering di tuduh sebagai kambing hitam penyakit darah tinggi. Karena itu cobalah anda dalam membuat masakan menggunakan bumbu sesuai dengan porsi dan secukupnya. Dari pada menggunakan penyedap, anda dapat menggunakan bumbu bumbu alami yang lebih sehat. Anda dapat menggunakan bawang putih ditambah lada atau merica agar membuat makanan sehat tanpa mengurangi rasanya. Dengan anda melakukan ini anda telah melakukan satu perbuatan baik dan amal anda akan dicatat oleh yang di atas, wkwkwk. Selain itu saya yakin resep yang anda buat akan menjadi semakin lezat pula.

Jika anda tetap bersikeras ingin menggunakan garam dan memiliki dana lebih anda dapat menggunakan garam rendah sodium. Ini membuat rasa yang tidak berkurang dan membuat hati tenang karena tidak merasa berdosa membuat makanan penuh tinggi akan sodium. Apalagi jika anda memasaknya untuk orang orang yang anda cintai. Apakah anda mau membuat mereka sakit sakitan dengan kebiasaan garam dan penyedap berlebihan?

Semua itu hanya tips sederhana yang saya yakin anda dapat melakukan nya sebagai sang penyedia masakan atau sang penikmat kuliner khas lebaran ini. jika anda ingin tetap sehat selagi menikmati kelezatan kuliner lebaran tidak ada salahnya mencoba tips yang saya berikan. Modal semua itu cuma ada satu, yaitu niat. Niat menjaga kesehatan anda agar anda dapat selalu bersama dengan orang yang anda sayangi. Bagaimana kalau anda sakit sakitan? Orang lain juga yang repot kan. Diluar itu semua jangan lupa agar makan secara perlahan dan tidur yang cukup minimal 6 jam.