Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Es Kepal Milo dengan Varian

Membuat Es Kepal Milo dengan Varian

Milo, siapa yang tidak tahu minuman coklat yang satu ini? Mulai dari jaman saya masih kecil, inget sekali dulu beli yang masih bentuk kaleng trus nyolong nyolong dimakan pakai sendok, dan itu enak banget hehehe. Tapi kayaknya hari gini sudah jarang jual lagi yang kalengan, mungkin saya aja yang belum nemu dimana yang jual. Saya kadang bingung ini sebenernya susu atau sekedar minuman coklat? By the way milo tetaplah milo, dia memiliki karakter tersendiri yang tidak dimiliki product minuman lain.



Milo tidak hanya sekedar minuman susu coklat, tetapi lebih dari pada itu. Ia kaya protein sebagai penyumbang asam amino dan membantu melindungi sel sel dalam tubuh kita agar selalu dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Mengandung glycemic indeks (GI) yang rendah yang membuatnya tidak menjadi penyebab kegemukan apalagi karbohidratnya pun berasal dari gandum yang sangat baik. Dan jangan lupa salah satu komponen malt yang berasal dari gandum ini mengandung serat yang membuat anda menjadi lebih kenyang.

Kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam minuman milo juga baik bagi tulang agar membantu melakukan aktivitas fisik. Milo juga mengandung vitamin B yang merupakan nutrisi yang menyehatkan saraf tubuh dan sel darah, selain membantu membentuk DNA. Dengan mengkonsumsi milo juga tubuh kita menjadi tidak mudah lelah karena asupan vitamin B ini tidak diproduksi oleh tubuh karena kita hanya bisa mendapatkannya dari asupan makanan.

Es Kepal Milo Dua Versi

Zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah juga banyak terdapat dalam milo yang membantu menyalurkan oksigen dan protein ke seluruh tubuh. Diluar itu semua minuman ini mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Segelas milo panas merupakan pendamping sarapan yang bagus dan membantu fisik sangat banyak.

Udah ah langsung aja tidak perlu panjang lebar kita bahas kehebatan milo ini karena tak akan pernah habis ceritanya. Kita akan bikin resep es kepal milo yang lagi hot hot nya ini. Pertama kita akan bikin resep original nya dulu tanpa toping, baru kita bikin pake toping.

Bahan nya ?

  • 4 sachet Milo 3 in 1, lebih nikmat jika anda dapat memperoleh milo asli malaysia
  • 2 sachet susu kental manis, boleh yang cokelat boleh yang putih tergantung selera
  • Es serut 2 mangkuk


Cara bikin nya?

Campur milo dengan sedikit air panas asal cair saja jangan terlalu banyak air agar tidak terlalu encer
Tambah susu kental manis, kalau saya pakai susu kental manis yang putih dan aduk sampai rata
Siapkan es serut atau bisa juga pakai es balok yang dihancurkan
Taruh di mangkuk dan bentuk sesuka hati, biasanya dibikin bulat
Tuang campuran milo ke atas es
Es kepal siap dimakan, hehe

Nah itu tadi resep original yang sangat gampang dibikinnya dengan bahan yang gampang dicari. Sekarang kita coba bikin yang pakai toping. Kali ini saya pakai toping sereal milo, karena menurut saya matching aja gitu. Namanya juga es kepal milo ya pake toping milo. Tapi berhubung saya ada stock biskuit jadi saya tambah toping dari biskuit yang saya remuk remuk biar ada crunchy nya gitu.

Bahan nya ?

  • 4 sachet Milo 3 in 1
  • 2 sachet susu kental manis yang putih, boleh pakai yang cokelat
  • Sereal milo yang pakai mangkuk
  • Biskuit yang telah diremuk
  • Es serut 2 porsi


Cara bikin nya?

  • Seduh milo dengan susu bawaan sereal dengan air panas sedikit saja, awas jangan terlalu encer
  • Campur dengan susu kental manis sampai tercampur rata
  • Taruh es di atas mangkuk bekas sereal tadi
  • Siram dengan campuran milo nya
  • Tambah kan toping sereal milo dan biskuit yang telah di remuk tadi
  • Voila.. es kepal milo nya sudah jadi


Oh iya, resep yang tadi saya bagikan biasa untuk dua porsi. Kalau anda ingin porsi yang lebih banyak anda bisa menambahkan sedikit versinya sesuai selera anda. Bisa milo nya dibanyakin, toping nya diganti, atau ditambah milo bubuk lagi buat terakhiran. Semua kreasi itu bisa di bikin sesuai hati aja. Kadang saya suka yang original tanpa toping. Kadang juga saya suka yang pake toping.